Ekayana

ekayana

Wihara Ekayana Arama

Ekayana Buddhist Center merupakan satu dari pusat Agama Buddha di DKI Jakarta, berlokasi di Jalan Mangga II No. 08, RT.08 RW.08, Kelurahan Duri Kepa, Jakarta Barat, berdiri sejak 1995 dipimpin oleh Bhante Arya Maitri dan Bhante Dharmavimala.

aryamaitri

Bhante Aryamaitri

dharmavimala

Bhante Dharmavimala

Ekayana berarti “Kendaraan Tunggal”, dalam Sutra Sadharmapundarika dinyatakan bahwa sekalipun banyak metode, Buddha mengajarkan hukum kebenaran yang sama. Beliau menunjukkan Jalan Agung melalui Triyana “Tiga Kendaraan” yakni Sravakayana, Pratekyabuddhayana, dan Bodhisattwayana, namun sesungguhnya semua ini hanyalah satu kendaraan yaitu Buddhayana. Dalam Sutta Satipatana dinyatakan “Ekayana Maggo”, satu-satunya jalan menuju pembebasan yaitu hidup berkesadaran, perhatian penuh, eling.

Ekayana Buddhist Center membawa semangat Buddhayana, semangat non sektarian, oleh karena itu ada puja bakti berbahasa pali, mandari, dan Tibet. Ceramah Dharma maupun teknik meditasi yang diberikan berasal dari tradisi Theravada, Mahayana, maupun Wajrayana. Setiap orang dapat menemukan metode praktik yang paling sesuai bagi dirinya dengan tetap membuka diri terhadap metode yang lain, karena praktik Dharma intinya adalah hidup berkesadaran untuk dapat melihat segala sesuatu apa adanya sehingga bisa merespon dengan cinta kasih dan welas asih.

Kunjungi situs utama Wihara Ekayana Arama